Thursday 31 March 2011

Memilih Operating System untuk Software Rekaman

Sebelum sebuah software musik di instal pada sebuah komputer maka sudah pasti komputer tersebut sudah di instal Operating System baik itu berbasis Window atau Mac OS.Windows mapun Mac sendiri memiliki beberapa seri atau type atau jenis dan ada yang Compatible atau cocok dengan software musik yang akan di instal dan ada yang tidak.

Dari waktu ke waktu Operating System baik itu Windows atau Mac OS selalu melakukan pemutakhiran atau Update atau Upgrade untuk menyempurnakan lagi sistem maupun kinerja OS tersebut baik dengan cara memperbaiki kelemahan - kelemahannya (sering kita baca Fixed Bugs) ataupun menambahkan fitur - fitur baru.

Begitu pula dengan Software Musik, akan selalu muncul versi terbaru yang sama - sama juga disempurnakan atau lebih baik dari versi sebelumnya hanya saja waktu Update atau Upgrade antara Software Musik dan OS seringkali tidak bersamaan.

Bisa saja ada software musik yang keluar versi barunya lebih dulu daripada OS sehingga software tersebut masih di operasikan pada OS yang belum ada Upgradenya dan ketika muncul OS versi baru ada kemungkinan software musik tadi tidak cocok atau tidak Compatible dengan OS yang baru atau bisa saja cocok.

Ketika hal itu terjadi maka akan ada pilihan yang dapat dilakukan, yaitu : Tetap menggunakan OS versi lama atau memakai OS baru yang tidak Compatible tadi dan menunggu Versi terbaru dari software musik yang sedang dipakai yang bisa cocok atau Compatible dengan OS versi yang baru.Pilihan mana yang menurut anda lebih cerdas?

Sebuah Converter AD/DA ada yang hanya bisa berjalan di OS Windows 98 SE saja, contohnya DIGI 001 ada pula Soundcard SoundBlaster yang hanya bisa jalan di WIN XP SP 1 saja .Memang sebelum mengInstal sebuah software maupun Hardware biasanya ada Minimum dan Recommended System Requirements nya artinya ada spesifikasi minimal yang harus dipenuhi sebelum software itu di Instal supaya dapat berjalan dengan normal dan ada pula spesifikasi Recommended yang dianjurkan artinya spesifikasi dimana software tersebut pasti akan berjalan dengan lancar  adapula tulisan misalnya RAM 512mb or Up artinya memori yang dipakai minimal 512mb atau lebih dari itu lebih bagus lagi.

Ketika kita membeli sebuah software, di Cover belakangnya atau di file README akan ada spesifikasi dari komputer yang minimal maupun dianjurkan (recomended) dan itu adalah patokan yang harus terlebih dahulu kita ketahui sebelum menginstal sebuah software apapun jenisnya apakah software musik atau bukan.
Contohnya misalnya pada cover software REASON 5 ada tulisan :

SYSTEM REQUIREMENTS :
Windows XP SP2 / XP SP3 / Vista / 7                         
Processor: Intel P4 / AMD Athlon XP or better     
1 GB RAM ( 2GB for Vista / 7)                                    

Mac OS X 10.4
Processor : G$ 2 GHZ and up or Intel Mac
1 GB RAM

dan seterusnya ...Informasi tersebut merupakan spesifikasi yang harus dipenuhi sebelum menginstal software ke komputer jadi harus diperhatikan baik - baik.Ok saya akan ringkas beberapa Tipsnya menjadi beberapa poin di bawah ini.

Untuk Software musik yang harus dilakukan adalah :
  • Pakai Win XP SP3 karena merupakan OS yang paling compatible dengan banyak software juga tidak perlu instal Direct X 9 lagi karena sudah termasuk didalamnya tidak seperti XP SP1.
  • Pakai dua OS jika komputer anda tidak hanya khusus untuk software musik saja,yang satu Win XP SP3 untuk musik yang satunya lagi terserah anda,mau Vista atau Win 7.
  • Instal software Deep Freeze sebelum menginstal software musik yang baru sehingga jika terjadi error pada windownya anda cukup me-Restart saja tanpa harus Re instal atau format lagi Windowsnya.
  • Matikan atau disable atau unInstal antivirus yang ada karena akan mendeteksi Crack,Patch,Keygen bahkan Setup exe sebagai virus PADAHAL BUKAN bahkan ada juga beberapa software yang tidak bisa di instal karena diblokir oleh antivirusnya walaupun antivirus tersebut tidak mendeteksi adanya virus tetapi ketika sedang menginstal software tidak bisa masuk.Pernah saya alami ketika menginstal Hypersonic dan ketika antivirusnya saya disable software bisa jalan dan masuk atau bisa di instal.
  • Coba instal software musik walaupun spek komputer anda di bawah minimum requirements karena informasi yang diberikan oleh pembuat software belum tentu akurat dan bisa saja software bisa jalan walau spek kompi dibawah minimum, contohnya software GuitarPro 6 ternyata bisa jalan walau hanya memakai Ram 512 mb tidak 2 Gb sperti yang ditulis di Requirementsnya, hanya saja ketika ada file lagu yang isinya banyak tracknya maka akan mulai terasa berat jalannya.KESIMPULANNYA ..software bisa saja jalan tapi ketika mulai banyak proses yang dilakukan oleh softwarenya dan kompi mulai terasa berat jalannya berarti disitulah titik maksimal kekuatan dari kompi yang dipake jadi memang harus ditambah atau di upgrade misalnya tambah Ramnya jika anda punya uang atau kalau tidak.. pake softwarenya secara minimalis, misalnya jangan pake lebih dari 12 track jika sudah mulai terasa berat atau lambat, pakailah dititik amannya saja karena selain memberati Processor, Ram dan Harddisk juga Windowsnya bisa Crash atau Error.
  • Hal yang penting lainnya selalu lakukan Defragment untuk Harddisk sebelum menginstal software apalagi jika software yang memakai Soundbank yang jumlah filenya besar seperti BFD supaya nanti programnya berjalan dengan lancar karena Streamingnya juga lancar.
  • Kecepatan Harddisk sangat mempengaruhi kinerja software, semakin cepat harddisk semakin banyak track yg bisa dibaca secara bersamaan dan semakin lancar juga streaming audio maupun programnya.Hardisk dengan kecepatan dibawah 7500 RPM tidak akan memberikan hasil yang bagus untuk software musik terutama yang pro atau semi pro.
  • Jadi selain Prosessor dan Ram anda juga harus tahu berapa kecepatan harddisk pada kompi anda, seringkali ada yang coba instal di laptop yang walaupun Prosessor dan Ram nya sudah cukup tinggi tapi ternyata harddisknya hanya 5400 RPM saja jadi tetap saja tidak akan mulus dan lancar jalannya software.
  • Satu lagi, jika anda belum mengenal software yang akan anda instal maka jangan langsung instal tapi explore terlebih dahulu softwarenya atau CD/DVD nya dan BACA FILE README NYA TERLEBIH DAHULU karena biasanya tatacara instal softwarenya ada disitu jadi tinggal anda ikuti saja tapi biasanya dalam bahasa Inggris jadi buat yang bahasa Inggrisnya jeblok ..ya terserah deh gimana baiknya hehehe..
Ok saya cukupkan dulu sekian nanti kalo ada yang perlu saya tambahkan lagi maka akan saya tambah lagi..hehehe again

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Total Pageviews