Friday 13 January 2012

Cara Instal Software Yang Aman

Artikel ini dibuat karena saya anggap cukup penting diketahui untuk semua pengguna komputer karena seringkali terjadi masalah ketika melakukan penginstalan suatu Software atau program sehingga menyebabkan terjadinya "kecelakaan" dan mengharuskan utk menginstal ulang Windows & format HD.
Kecelakaan itu terjadi krn ketidak tahuan cara menginstal yg aman dan oleh karena itu maka disini saya akan berbagi informasi tentang cara aman dalam menginstal dengan dibantu oleh software DeepFreeze & Sality Killer.
Para Nubi juga pasti bisa karena caranya gampang sekali.Cara ini paling ampuh (efektif) dan gak repot (efisien) dan akan membuat Windows & harddisk anda menjadi lebih awet.Jika anda tidak bisa berarti masih di bawah nubi dan harus lebih  banyak belajar & bergaul lagi !

Hal - hal yg harus dilakukan diantaranya utk mencegah terjadinya "kecelakaan " Tersebut adalah :

1.Terlebih dahulu persiapkan software - software berikut ini : DeepFreeze dan Antivirus Sality Killer .Deepfreeze biasanya dipakai di warnet - warnet karena apabila terjadi error pada software atau windows maka tinggal meRestart atau Reset saja sudah aman lagi.Jika anda belum tau tentang Deep Freeze silakan Googling utk cari infonya.
2.Setelah software tersebut ada maka yg pertama dilakukan adalah uninstal dulu semua Antivirus yang sebelumnya sudah di instal.lalu instal DeepFreeze ceklist semua drive harddisk/partisi  supaya  semua  partisi yg ada dilindungi oleh Deepfreeze .
3.Setelah Instal dan Me-Restart,atur dulu supaya DeepFreeze pada Status Boot Thawed terus Apply and Reboot.
4. Sality Killer nya di jadikan file Rar.Setelah jadi Rar,klik buka Filenya dan tutup lagi, maksudnya supaya ada di My Recent Documents yg bisa dibuka lg nanti atau bisa juga di copy ke desktop.
5.Buka lagi Deepfrezee lalu klik Boot Frozzen lalu Apply and Reboot.Nah setelah selesai Restart maka komputer anda sudah aman utk melakukan penginstalan semua jenis software karena sdh dilindungi oleh Deepfreeze.
6.Sekarang silakan instal software yg anda mau pakai.Instal di posisi ini sifatnya hanya sementara atau percobaan saja dan hanya utk mengecek apakah program atau software yg akan dipakai itu "Aman" atau tidak, di posisi ini semua Partisi Harddisk dan Windows masih dilindungi oleh Deepfreeze krn anda tdk mengubah setting Deepfreeze.

Ketika anda selesai menginstal,jika ada pilihan utk Restart atau Reboot,pilih Tidak atau No saja lalu tutup lalu jalankan software yg telah  anda instal tersebut dan lihat apakah jalan atau tidak.
Untuk mengecek apakah program yg anda telah instal tersebut "Mengandung Virus" atau merubah Registry maka tekan tombol Control + Alt+Delete secara bersamaan.Jika muncul Window Task Manager maka kemungkinan besar program yg di instal "mulus" atau tidak bervirus dan tdk merubah Reg.
Jika Task Manager tidak muncul atau ada kotak dialog,maka kemungkinan softwarenya bervirus atau merubah (alter) Reg.
Utk memastikannya  buka Sality Killer yg sdh ada di My Recent Documents dan jalankan Antivirusnya.Jika tidak terdeteksi ada virus maka utk selanjutnya anda aman utk menginstal.
Jika terdeteksi ada virus biarkan Sality Killer utk menyelesaikan Scan & membersihkannya setelah itu coba jalankan lagi software yg telah anda instal apakah berjalan dengan baik atau tidak dan coba jg jalankan software lainya yang ada dan jika semuanya berjalan dengan lancar maka "Virus" yg ada td dapat dibersihkan dengan baik tanpa menggangu software yg ada dan anda dapat meng instalnya lagi secara permanen setelah membuka dulu Deep Freeze.
Tutup kembali Deep Freeze setelah penginstalan selesai dan berhasil.
Info tambahan
Ada beberapa Antivirus yg langsung mendeteksi virus file -file yg tdk dikenalinya atau yg tdk ada dlm databasenya padahal file - file itu belum tentu virus.
Jenis File yg kadang di deteksi sebagai virus adalah Keygen,Crack,Reg Patcher dan Exe.
Jadi ketika antivirus anda mendeteksi ada virus ,coba lihat dulu jenis file apa yg dideteksi sebagai virus,apakah jenisnya seperti yg ditulis diatas atau bukan,jika bukan anda boleh melakukan "pembersihan" tapi masih dengan posisi aman dengan Deep Freeze karena seringkali ketika selesai Scan & Clean lalu Reboot malah ga bisa masuk Windows.
Jangan terlalu "percaya" & "menurut" kpd antivirus krn antivirus tetap sj bisa salah deteksi.Saya pribadi memakai cara diatas dan terbukti sampai sekarang komputer saya aman  dan lancar.Selama ini saya sangat jarang sekali melakukan instal ulang Windows atau format HD  dengan memakai cara di atas jika instal windows juga bukan karena virus atau win rusak.Jadi saya tidak pernah takut atau was - was utk menginstal software apapun atau internetan jg krn windows dan semua partisi yg ada sdh dilindungi dengan aman.
Semoga artikel ini akan bermanfaat utk kita semua terutama buat anda yg sebelumnya tdk tau cara instal yg aman ini sehingga tdk akan terjadi lg Accident  atau "kecelakaan" lalu anda hrs instal ulang Windows & Format HD padahal sebenarnya hal itu tdk perlu terjadi.
Sekarang silakan anda pilih sendiri, anda tdk memakai cara di atas dan hanya mengandalkan antivirus saja atau memakai cara saya diatas yg telah terbukti dan teruji dan gak bikin repot harus format & instal ulang setiap kali gagal instal atau error.

NB : Buat Rental Studio Rekaman paling cocok pake DeepFreeze,jadi klo tiba2 lagi pake komputer tiba2 error tinggal di restart atau reset udah balik lagi ke kondisi sebelumnya,jadi ga perlu repot install win & format hd trs instal program musik yg segitu banyak...tapi utk menyimpan data audio di partisi atau drive yang "dibuka" Deep Freezenya soalnya klo ga dibuka datanya ga bisa disave ke harddisk tersebut karena hilang lagi waktu di restart.
Selain itu seringkali klien bawa data sendiri jadi bisa dicek dl apakah aman atau tidak sebelum dimasukan atau dipake.Deepfreeze bisa di ON OFF jadi tdk ada alasan repot pake Deepfreeze atau tdk cocok krn Deepfreeze  sama sekali tdk merepotkan & malah sangat berguna utk melindungi Operating System dr Error ,Virus & kesalahan Instalasi.Sekian NBnya..

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Total Pageviews